Tradisi Minum Teh Dari Seluruh Dunia

6 komentar
Teh adalah minuman yang diterima dan digemari di seluruh dunia. Banyak tempat yang mempunyai resep dan tradisi minum teh yang unik.

tradisi minum teh di berbagai negara

Indonesia

Di daerah Tegal dan sekitarnya ada tradisi minum teh yang disebut moci. Teh yang digunakan biasanya hasil produksi daerah Tegal sendiri seperti teh merk Tongtji, 2 Tang, Poci, atau Gopek.

Meski poci teh berbahan logam kadang juga digunakan, namun moci umumnya menggunakan poci dan cangkir tanah liat. Teh dimasukkan ke dalam poci, diseduh menggunakan air panas beberapa saat kemudian dituang ke dalam cangkir yang sudah berisi gula pasir atau yang lebih nikmat lagi gula batu.

Tehnya tidak diaduk dan cangkir diisi berkali-kali. Jadi rasa awalnya pahit, lalu setelah gula larut menjadi manis, lalu pahit lagi karena gula sudah habis. Moci biasanya dilakukan beramai-ramai sambil ngobrol dan ngemil, cemilannya bisa cemilan khas Tegal seperti tahu aci, kacang asin bogares, dan krupuk antor.

Teh talua (teh telur) adalah teh khas Minangkabau yang terbuat dari teh hitam, kuning telur, kental manis, dan gula. Teh ini berbuih dan bertekstur kental. Biasanya disajikan dengan jeruk nipis atau rempah bubuk.

Maroko

Maroko mempunyai teh Touareg atau teh mint Maghribi. Merupakan campuran dari banyak gula, daun teh hijau, dan mint. Biasanya tamu disuguhi teh ini 3 kali (3 gelas) yang jika ditolak akan dianggap tidak sopan.

Rasa setiap gelas sedikit berbeda. Ada pepatah setempat yang mengatakan gelas pertama selembut kehidupan, yang kedua sekuat cinta, yang ketiga sepahit kematian.

Tibet

Po cha adalah teh tradisional Tibet yang dibuat dari teh hitam yang direbus dalam waktu lama. Ditambahkan susu, mentega yak, dan garam yang dikocok hingga kental seperti krim. Teh ini kabarnya enak dinikmati di dataran tinggi Tibet dan membantu menahan dinginnya cuaca.

Thailand

Cha yen, artinya teh dingin, adalah es teh khas Thailand yang di Indonesia dikenal dengan nama Thai tea. Terbuat dari teh ceylon atau assam yang dicampur dengan star anise, air bunga jeruk, dan bahan lain termasuk pewarna merah atau oranye. Teh yang sudah diberi es dituangi susu lalu disajikan.

India

Masala chai (teh rempah-rempah) merupakan teh khas India yang terbuat dari teh hitam, susu, gula, dan rempah seperti kapulaga hijau, cengkeh, dan kayu manis. Bisa juga ditambahkan lada hitam, biji adas, pala, atau star anise. Resep masala chai ini bervariasi tergantung kesukaan personal, misalnya mungkin ada yang suka rasa lebih pedas sehingga menambahkan lada hitam lebih banyak.

Jepang

Jepang mempunyai upacara minum teh yang disebut chanoyu, sado/chado, atau ocha. Dalam upacara ini disajikan matcha, teh hijau bubuk Jepang, dan cemilan tradisional yang manis. Tujuan upacara minum teh adalah untuk menciptakan komunikasi yang santai antara tuan rumah dan tamunya.

Rusia

Zavarka adalah teh hitam kental dan kuat yang diseduh dalam panci logam yang disebut samovar. Karena rasanya sangat kuat biasanya teh dituang sedikit ke cangkir lalu ditambahi air panas, kadang juga ditambahi susu dan gula. Zavarka disajikan dengan makanan ringan.

Inggris

Pada 1840 di Inggris makan malam umumnya dilakukan pada jam 8 malam, sehingga jeda antara jam makan siang dengan makan malam cukup panjang. Anna, Duchess of Bedford ketujuh, untuk mengganjal lapar, meminta pelayannya menyiapkan teh dan makanan kecil pada sekitar jam 4 sore. Apa yang Anna lakukan ditiru oleh kalangan atas Inggris dan mulailah tradisi minum teh sore hari menyebar ke seluruh Inggris.

Malaysia

Teh tarik adalah minuman khas Malaysia, awalnya dibuat oleh imigran muslim keturunan India. Teh dicampur susu dan gula dituang tinggi-tinggi dari satu wadah ke wadah lain hingga berbusa. Kemungkinan karena cara pembuatannya yang seperti ditarik-tarik itulah maka dinamakan teh tarik.

Pakistan

Pakistan mempunyai elaichi chai, doodh pati chai, dan noon chai. Elaichi chai terbuat dari teh, susu, kapulaga hijau, dan gula.

Doodh pati chai terbuat dari teh, jahe, kapulaga hitam, kayu manis, kapulaga hijau, dll ditambah susu dan gula. Noon chai adalah campuran teh dengan almon, pistachio, garam, susu, rempah-rempah dan diberi baking soda untuk menambah rasa dan memberi warna merah muda.

Iran

Di Iran teh disajikan bersama gula batu berwarna kuning cerah yang disebut nabat. Cara minum tehnya gula batu digigit di antara gigi depan lalu teh diseruput. Dikatakan teh diminum sepanjang hari sampai-sampai ketel ditaruh di atas kompor dari pagi hingga malam.

Cina

Cina mempunyai upacara minum teh yang disebut gongfu cha, yang prosesnya juga detail seperti upacara minum teh Jepang. Sebelum teh diseduh tamu diminta untuk mencium aroma daun teh. Kemudian setelah teh habis diminum, cangkir tetap dipegang untuk menikmati aroma teh yang tersisa di cangkir.

Taiwan

Taiwan mempunyai bubble tea (teh gelembung) yang di Indonesia juga populer dengan nama teh boba. Bahan dasarnya adalah teh, susu, gula, dan butiran tapioka yang mirip gelembung sehingga dinamakan bubble tea.

Asal bubble tea ini dari tidak kesengajaan. Pada 1988 Lin Hsiu Hui, pemilik kedai teh Chun Shui Tang membawa es teh dan fen yuan (bola-bola tapioka manis) saat rapat staf.

Ia menuangkan fen yuan ke dalam tehnya lalu meminumnya. Kemudian kedai Chun Shui Tang menjual teh kreasi baru itu dan ternyata diminati hingga internasional.

 

Guest post oleh Purwanto. Sehari-hari sibuk merawat kucing dan ngeblog di Fanicat.com


Fahlevi's
Membahas posisi perempuan dan anak dalam kacamata ilmu hukum.

Related Posts

6 komentar

  1. Setiap negara punya tradisi berbeda ya kak untuk menikmati teh. Ditempat sy minum teh itu dalam cangkir yang terbuat dr tempurung kelapa.. MasyaAllah rasanya..

    BalasHapus
  2. waw tradisi minum teh setiap negara unik-unik ya

    BalasHapus
  3. Penasaran dengan teh yang diminum orang Pakistan, seperti penuh rempah gitu.

    BalasHapus
  4. Aku malah baru tau tradisi teh dari negaraku sendiri. Menarik sekali,cuma ternyata
    Duh jadi pingin nyeruput teh. Pas banget lagi punya gula batu.

    BalasHapus
  5. Weee jadi selama ini yang aku minum itu Cha Yen wkakakak aku baru tauu. Tapi tetep dari sekian banyak teh di dunia, aku paling suka es teh manis gocengan pake susu.

    BalasHapus
  6. Saya tertarik sekali dengan filosofi teh asal Maroko, sambil meminum teh, kita juga belajar makna kehidupan.. Keren

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter