Cara Memasang Google Analytics untuk Blog

16 komentar
Pengetahuan tentang cara memasang Google Analytics adalah salah satu pengetahuan dasar para bloger. Karena dari Google Analytics inilah, kita bisa mengetahui sejauh mana jangkauan blog kita kepada pembaca.

Google Analytics ini memang perlu dipelajari secara berkala. Mengingat di dalamnya terdapat banyak fitur yang menyajikan berbagai data dengan parameter yang berbeda.

Nah, untuk yang belum memahami Google Analytics, kita belajar bareng-bareng, yuk!

cara memasang Google Analytics

Pengertian Google Analytics

Google Analytics adalah sebuah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics biasa digunakan oleh para pemilik website maupun blog untuk menganalisa kinerja website berdasarkan data-data statistik yang ditampilkan. - Wikipedia
Google Analytics adalah sebuah platform yang mengumpulkan data dari blog kita dan memberikan kita laporan untuk melakukan analisa terhadap blog.

Cara Memasang Google Analytics

Sudah pasang Google Analytics belum nih? Pasang dulu, yuuk. Setelah itu kita cari apa saja yang ada di dalamnya

Buka laman Google Analytic


Teman-teman bisa ke https://analytics.google.com/, lalu pilih “ Mulai Mengukur”

Login menggunakan akun gmail

Kalau teman-teman sebelumnya sudah login akun Google, step ini biasanya tidak muncul ya. Yuk, lanjut …

Buat akun


Pada tahap ini, teman-teman bisa mengisinya dengan nama pribadi atau nama blognya.

Kemudian, di bawahnya ada kolom perijinan. Teman-teman bisa menyetujuinya untuk pengiriman informasi terkait Google Analytics ke email yang digunakan. Lalu klik ‘Berikutnya”, di bagian bawahnya.

Siapkan Properti


Pilih nama properti untuk blog teman-teman. Untuk memudahkan, bisa menggunakan nama blog pribadi. Pnegisian url blog, silakan sesuaikan dengan pengaturan masing-masing terkait dengan pilihan pengangtifan https/http dan penggunaan www.

Jangan lupa sesuaikan pengaturam waktunya, ya.

Kemudian klik “Opsi Lanjutan”. Di kolom ini, teman-teman diberikan pilihan, terkait pemasangan Universal Analytics atau Google Analytics 4. Jangan lupa masukkan url blog dan klik “Berikutnya”.

Informasi Bisnis



Bagian ini, silakan diisi sesuai dengan kebutuhan masing-masing, ya. Lalu klik “Buat”



Setelah itu akan muncul pop-up. Teman-teman bisa centang kotak kecil tersebut sebagai persetujuannya dan klik “Saya Setuju”.

Sabar ya, sebentar lagi selesai, kok hahahaha. Nanti akan muncul pop up, silakan dicentang sesuai kebutuhannya. Kemudian, teman-teman akan diarahkan pada halaman pelacakan.


Memasang Web Property ID ke Dashboard Blog


Lalu masuk ke dashboard blog, Setting - ID Properti Google Analytic dan tempelkan kode yang sebelumnya sudah disalin dan jangan lupa “Simpan”.

Belum selesai, ya. Teman-teman masuk lagi ke dashboard properti Google Analytic. Salin kode seperti yang ada di gambar.


Masuk kembali ke dashboard blog.Kemudian pilih Setting - Tema - Edit HTML. Tempelkan kode pelacakan yang disalin tadi, di bawah <head> . Kemudian simpan dengan memilih lambang “disket atau kaset” di pojok kanan atas.

Selamat, Google Analytics teman-teman sudah terpasang.

Apa Fitur Google Analytics?

Setelah memasang dan mendaftar Google Analytics, rasanya akan kurang jika kita tidak mengetahui fitur apa saja yang ada di dalamnya.

Realtime


Fitur ini memungkinkan teman-teman untuk melihat, adakah pembaca yang saat ini sedang berkunjung. Selain itu, kita juga bisa melihat menu lain, seperti : jumlah pengunjung secara realtime, tayangan halaman per menit, tayangan halaman per detik dan lain-lain.

Audiens / Pengunjung (Audience)


Ini adalah fitur yang bertugas menampilkan data demografi pengunjung. Dari data tersebut, teman-teman akan mengetahui asal pengunjung hingga bahasan yang paling banyak disukai. Sebagai bloger, tentu saja ini adalah data yang penting.

Akusisi / Jumlah Trafik (Acquisition)


Fitur Google Analytics selanjutnya, ada Akuisisi atau Jumlah Trafik. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengetahui seberapa banyak tamu pada blog kita, pada kurun waktu tertentu.

Di fitur ini, kita juga bisa mengetahui “jalan masuk” pengunjung, apakah dari pencarian organik, referensi maupun media sosial.

Perilaku (Behaviour)


Jika dilihat, fitur ini mirip dengan akuisisi, ya. Namun, ada menu-menu yang perlu diperhatikan sebagai bloger. Menu-menu tersebut, antara lain : konten situs, kecepatan situs, hingga waktu tayangan.

Untuk konten situs sendiri, ini merupakan salah satu fitur yang akan sangat membantu saat teman-teman bekerja sama dengan klien. Kenapa? Karena di fitur ini, kita bisa melihat jumlah tayangan halaman tertentu dalam waktu tertentu. Ini adalah yang diinginkan klien.



Setelah mengetahui cara memasang Google Analytics, sebaiknya memang kita banyak eksplorasi semua fitur dan menu di dalamnya. Dengan begitu, kita akan semakin mengenal blog dan terbiasa dengan tampilan Google Analytics tersebut.

Rasanya sampai di sini dulu ya, bahasan tentang cara memasang Google Analytics sampai dengan mengenal secara singkat fitur-fitur utamanya.

Selamat mengulik Google Analyticsnya, ya. Jangan lupa untuk rutin mengecek data-data tersebut ya, karena sebagai bloger penting sekali mengetahui konten apa yang dibutuhkan dan diinginkan para pengunjung.
Fahlevi's
Membahas posisi perempuan dan anak dalam kacamata ilmu hukum.

Related Posts

16 komentar

  1. Banyak banget memang fitur2nya google analytics. Enggak cukup dibahas sekali duduk

    BalasHapus
  2. Waaah diingatkan lg cara pasangnya. Bisa jd referensi buat teman yg tanya gimana cara pasang GA karena jujur udah lupa, pasangnya udah dari beberapa tahun lalu sih. Wkwkwk

    BalasHapus
  3. Google analytics penting nih untuk tahu seperti apa performa blog kita. Jadi dapat informasi menyeluruh. Cuma saya masih bingung cara bacanya..baru sebagian aja yang paham... hehehehe...

    BalasHapus
  4. Ini tutorialnya sangat membantu banget nih bagi temen-temen yang baru terjun ke dunia blogging. Tapi sayangnya GA UA sebentar lagi akan diganti dengan GA4

    BalasHapus
  5. Semoga ada kelanjutannya lagi dengan pemasangan GA-4.
    Soalnya daku untuk GA-4 masih kagok cara bacanya

    BalasHapus
  6. Bisa dipraktekkan buat blog baruku nih. Selamat mencoba

    BalasHapus
  7. Baru saja semalam saya konsultasi dengan teman blogger juga terkait google Analytic ini. Alhamdulillah sekarang sudah bisa diakses lagi, hehehe

    BalasHapus
  8. Waah keren sangat informatif, bisa di praktekan ini.google analitic.sangat penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai aku simpen link ini buat di baca berulangkali dan di praktekkan. Terima kasih banyak yaa🙏

      Hapus
  9. Keren banget emang kekuatan google analytics ini yah kak, aku udah pake juga. Makasih ilmunya yahhh kak

    BalasHapus
  10. Wah, panduan memasang Google analytics yang lengkap dan mudah diikuti nih
    Emang wajib ya mbak pasang Google analytics ini

    BalasHapus
  11. mba nimas nih tahu aja aku lagi baru mau masang google analytic yang terbaru nih... terus kemarin stuck gara2 gada pilihan negara belanda, huhu

    BalasHapus
  12. Aku tiap ada blog baru mau masang GA pasti deh nyari tutorialnya. Makasih ya Kak, ada nih satu blogku belum kupasang GA,

    BalasHapus
  13. Huhu, aku kan mau pasang GA4 ya..
    Tapi kesandet dan sampai sekarang belum aku ulik lagi salahnya dimana sampai belum nyambung sama data di blogku.
    Jadi sekarang aku masih pakai GA UA.

    BalasHapus
  14. penting banget nih yaa pasang GA buat blog, mesti rajin-rajin update tool saya persyaratan buat job blogger / content creator

    BalasHapus
  15. Tinggal belajar soal GA4 nih yaa mbaa, yg UA ini bakal ngga kepake lagi tapi syg banget padahal udah nyaman sama UA huhu

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter