Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Mahasiswa Hukum, Paling Berkesan Selama Kuliah

Ketika baru masuk kuliah, belum terbayang tentang buku mahasiswa hukum yang harus dibeli hahaha. Karena jangankan buku literasi, mata kuliah apa saja yang akan dipelajari juga belum tahu 😀

Nah, setelah cetak Kartu Rencana Studi (KRS) barulah tahu beberapa materi kuliah yang akan dipelajari selama satu semester. Juga dari tampilan jadwal, terpampanglah semua mata kuliah yang akan dilalui selama 4 tahun ke depan.

Sebelum aku masuk kuliah, banyak yang bilang kalau jadi mahasiswa hukum kuncinya cuma satu, yaitu rajin baca buku. Ucapan ini benar, bahkan sangat benar adanya.

buku mahasiswa hukum

 

Pentingnya Kegiatan Membaca untuk Mahasiswa Hukum

Dari yang alami, kita belajar ilmu hukum itu mempelajari sesuatu yang berkembang. Salah satu yang cukup banyak mengalami perubahan adalah tentang produk peraturan perundang-undangan.

Bahkan, kita tidak hanya perlu membaca buku-buku wajib untuk kuliah saja, tapi juga sangat perlu membaca berita di media massa. Sebenarnya, tidak hanya membaca saja, tapi juga termasuk di dalamnya mendengar hingga berdiskusi. Begitulah konstruksi berpikir mahasiswa dibentuk.

Ada seorang dosen yang pernah berkata (aku lupa dosen siapa), kalau mahasiswa tidak mau membaca buku, mengikuti berita dan berdiskusi maka apa tujuan yang sebenarnya ingin dia capai setelah lulus nanti?

Karena tentu saja kita semua tahu, bahwa hampir semua lulusan ilmu hukum itu memiliki gaya berpikir yang kritis dan kemampuan argumen yang aktif. Maka, jika tidak dibangun dengan kuat dan benar bisa jadi kemampuan itu tidak dimiliki.

Nah, selama aku kuliah, ada beberapa buku mahasiswa hukum yang menurutku sangat berkesan. Beberapa buku tersebut memang tidak digunakan di mata kuliah, tapi tetap layak bahkan sangat perlu untuk dibaca.

Sebelum membagikan daftar buku mahasiswa hukum untuk teman-teman, perlu aku sampaikan dulu bahwa konsentrasi yang aku ambil adalah hukum pidana. Jadi, memang sebagian besar buku-buku ini juga sangat berhubungan dengan hukum pidana :D

Daftar Buku Mahasiswa Hukum, Buat Kita Baca Sambil Mikir Keras


buku hukum acara perdata yahya harahap

Buku Hukum Acara Perdata Yahya Harahap

Untuk anak-anak mahasiswa hukum, rasanya buku ini adalah senjata yang sangat ampuh. Dulu, buku ini aku beli dengan uang tabungan. Harganya di toko buku pada tahun 2015 sekitar 120 atau 130 ribu.

Kebetulan juga aku sedang mengikuti kompetisi NMCC (National Moot Court Competition) di UGM dengan kasus hukum perdata. Nah, buku ini memang membahas hukum acara perdata dengan sangat detail dan panjaaaaang.

Sedangkan stok di perpustakaan kampus hanya ada beberapa buah saja, jadilah memutuskan untuk membelinya sendiri. Dan ini menjadi buku mahasiswa hukum perdata pertama yang sangat aku sayang setelah kuliah 5 semester hahaha.

Menurutku pribadi, buku Hukum Acara Perdata karya Yahya Harahap ini adalah barang penting untuk semua mahasiswa hukum. Karena faktanya, buku ini tidak hanya akan berguna selama kita kuliah tapi juga akan selalu kita butuhkan setelah lulus, terlebih jika teman-teman menjadi praktisi.


perbandingan hukum pidana barda nawawi arief

Perbandingan Hukum Pidana

Buku ini adalah salah satu pegangan untuk anak pidana. Mata kuliahnya sama dengan judulnya, Perbandingan Hukum Pidana.

Yang menarik dari buku ini adalah, kita tidak bisa membacanya sambil lalu. Namun harus benar-benar fokus dan sambil berpikir. Secara singkat, buku ini memang membahas berbagai penerapan hukum pidana di negara-negara lain.

Beruntungnya, dosen yang mengampu mata kuliah ini merupakan murid dari Prof. Barda Nawawi Arief (seorang guru besar Hukum Pidana).


buku illegal fishing

Illegal Fishing

Sejujurnya, untuk mencari buku ini pun aku butuh waktu yang tidak sebentar. Karena ternyata tidak banyak yang membahas tentang buku ini. Jadi ketika tidak sengaja menemukannya di toko buku, langsung saja membelinya.

Buku ini aku beli untuk melengkapi data skripsi. Kebetulan skripsiku saat itu membahas tentang IUU Fishing (Illegal, Unreported and Unregulated Fishing) dengan menggunakan metode penelitian normatif empiris.

Meskipun bukunya tidak terlalu tebal, tapi isinya cukup lengkap. Jadi selama menyusun skripsi, buku ini sangat memegang peran penting terhadap kelengkapan data. Bahkan dari buku ini pula, akhirnya aku menemukan juga berbagai literatur tentang perairan laut Indonesia.


international law malcolm

Hukum Internasional Malcolm

Buku mahasiswa hukum yang menurutku juga layak dibaca, paling tidak sekali selama kuliah adalah Hukum Internasional (International Law) karya Malcolm N. Shaw. Buku ini sangat tebaaaal, bahkan ketebalannya sekitar dua kali buku Hukum Acara Perdata Yahya Harahap.

Alasan kenapa aku membaca buku ini juga karena kebutuhan skripsi. Karena berkaitan dengan perairan laut, sehingga butuh juga data-data tentang batas dan peraturan perundang-undang yang mengikat mereka.


buku hukum laut internasional

Hukum Laut Internasional dan Hukum Laut Indonesia

Ketika aku sedang mencari referensi buku hukum laut internasional, karya dari I Wayan Parthiana ini banyak muncul di beberapa perpustakaan, toko buku dan internet.

Ini adalah buku Hukum Laut Internasional dan Hukum Laut Indonesia yang pertama kali aku miliki. Kenapa aku membeli buku ini? Pertama, karena memang beliau ini adalah seorang dosen hukum internasional yang juga mencakup hukum laut hingga pidana internasional.

Kedua, tentu saja karena kebutuhan skripsi ya :D


sistem pertanggungjawaban pidana korporasi di Indonesia

Sistem Pertanggungjawaban Pidana Korporasi

Nah, jauh sebelum membeli buku Sistem Pertanggungjawaban Pidana Korporasi ini, aku sudah lebih dulu tertarik dengan sistem pertanggungjawaban pidana dari salah satu mata kuliah.

Jadi, aku punya buku Sistem Pertanggungjawaban Pidana dan Sistem Pertanggungjawaban Pidana Korporasi. Apakah keduanya berbeda? Tentu saja, tapi kita bahas di lain waktu ya tentang sistem pertanggungjawaban pidana ini hahaha.

Untuk teman-teman mahasiswa baru, ini merupakan salah satu buku wajib mahasiswa hukum dengan konsentrasi pidana.

Sebenarnya ada beberapa buku yang juga menjadi buku-buku yang sangat berkesan untukku, seperti Hukum Pidana I dan Hukum Pidana Lanjut. Namun karena buku tersebut tertinggal di rumah ibu dan aku lupa sampulnya, jadi kedua buku tersebut tidak ikut terpampang di sini.

Seperti yang aku bilang di awal, daftar-daftar ini memang sebagian besar adalah buku hukum pidana. Namun perlu diketahui juga, bahwa sebenarnya memang ada buku wajib mahasiswa hukum, antara lain : pengantar ilmu hukum, pengantar hukum indonesia hingga ilmu negara.

Sedangkan buku lain yang perlu kita miliki, atau setidaknya harus membaca paling tidak selama kuliah adalah Buku Hukum Acara Perdata karya Yahya Harahap dan Hukum Acara Pidana karya Andi Hamzah.

jenjang karir lulusan hukum


Namun pada dasarnya, semua buku ilmu hukum, baik buku hukum perdata, buku hukum pidana hingga buku hukum administrasi seharusnya tetap dibaca. Karena jika bukan dari buku, dari mana kita mendapatkan pengetahuan yang valid?

“Sebagai seorang mahasiswa hukum, biasakan berbicara itu berdasarkan fakta jangan hanya sekadar asumsi saja. Tunjukkan bahwa apa yang kita ucapkan benar, valid sehingga bisa dipercaya” - Bagus Hendradi Kusuma, S.H., M.H. (dosen hukum pidana Unnes)

Ya, intinya kita memang harus selalu membaca untuk memperbarui pengetahuan dan tentu saja berhati-hati ketika berbicara. Nah, setelah lulus, aku juga menyadari jika buku mahasiswa hukum yang aku miliki memang mayoritas adalah hukum pidana hahahaha.

Jika ditanya, apa buku mahasiswa hukum terbaik? Buku mahasiswa hukum terbaik adalah buku yang dibaca.
Fahlevi's
Fahlevi's Membahas posisi perempuan dan anak dalam kacamata ilmu hukum.

32 komentar untuk "Buku Mahasiswa Hukum, Paling Berkesan Selama Kuliah"

  1. Bener bgt kalau kuliah tuh butuh baca banyak buki untuk referensi dsb. Aku sendiri nemu bbrp buku jaman papaku kuliah s2 hukum dan politik di rumah pas bongkar2. Berat2 bgttt

    BalasHapus
  2. bner mba, buku yg terbaik adalah buku yg dibaca, klo gak dibaca setebal apapun bukunya, nggak akan ada manfaat bukunya

    BalasHapus
  3. Referensi yg wajib bgt utk semua praktisi dan mahasiswa hukum ya
    Keren sangat.
    Semoga berkah ilmunya

    BalasHapus
  4. Pengen baca yang hukum laut itu jadinya, tapi pasti pusing beratttt wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku baca buku itu sambil buat gambarnya mbak, karena imajinasiku nggak sampe

      Hapus
  5. Wah anak jurusan Hukum harus tau nih buku apa aja minimal yang kudu dibaca supaya pinter :D
    Aku dulu kuliahnya di FISIP tapi dapat juga pelajaran dasar2 hukum, cuma jangan ditanya apa, aku dah lupa haha.
    Hukum Pidaha nih kyknya belajarnya tak mudah yaa, krn kyk banyak interpretasi gitu gak sih kalau di kasus nyata yang sebenarnya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah anak FISIP ya mbak? Iya temenku anak politik juga katanya belajar dasar gitu mbak. Iya banget hahaha hrus jeliiii gitu mbak, bener2 di urutkan dari kulit paling luar gitu :D

      Hapus
  6. Jadi ingat dulu pertama kali kuliah buku wajib Pengantar Ilmu Hukum dan menyenangkan banget bisa belajar hukum mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. PIH juga buku wajib di semester 1 mbak, kayak membuka pikiran gitu ya waktu bacanya

      Hapus
  7. Wahh yang jurusan hukum harus tau nih buku2 yang wajib punya. Pasti banyak banget ya pasal2 yang harus dihafalkan

    BalasHapus
  8. Kuliah jurusan hukum kudu siap dengan bacaan yang berat-berat gitu ya Kak. Semangat Kak, semoga membawa manfaat kebaikan yang besar buat ummat.

    BalasHapus
  9. Hahaha... Bener banget, yang dibaca yang paling baik.

    BalasHapus
  10. Kesimpulannya langsung di paragraf terakhir....

    Kak, kalau misalnya bukan mahasiswa hukum, cocok aja kah baca buku-buku itu? Soalnya kelihatannya bukunya berat-berat semua bobotnya. Sedangkan, aku nggak ada basic pengetahuan hukum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja mas, tapi memang kayak harus tau dasarnya dulu apalagi kayak buku perbandingan hukum pidana

      Hapus
  11. Yaampunn... Bacaannya orang hukum yang bener nih begini harusnya, kalau semua mahasiswa hukum suka baca buku keren kali ya... Umumnya gimana sih kak habit mahasiswa hukum?

    BalasHapus
  12. mantap deh kalau udah pernah bca semua bukunya hihi.. dijamin lulus cumlaude nih :) lengkap literasinya, apalagi kalau udah ada dalam bentuk pdf gitu mungkin lebih memudahkan juga untuk cari referensi lebih cepat ya

    BalasHapus
  13. Weitsaahh keren banget, ternyata anak hukum nihh kwkwk kayak ibukku dulunya pengen ke hukum, tapi akhirnya nyasar ke Civic PKN (zaman tahun berapa hayoo tebak?) malah main tebak2an >.<

    BalasHapus
  14. Jadi ingat pas dulu kuliah di FIKOM UNPAD jurusan ilmu perpustakaan. Buku wajib yang harus dimiliki adalah Pengantar Ilmu Perpustakaan karangan Sulistyo Basuki.

    BalasHapus
  15. Berat banget bacaannya. Mana tebel-tebel gitu. Hehe. Memang butuh jiwa pejuang untuk bisa belajar ilmu dengan baik agar hasil maksimal. Semoga semangat selalu kakak...

    BalasHapus
  16. Huhuhuuuu.. aku ko ga sanggup yaaa kalo harus baca buku-buku setebal itu... Andai bukunya dibikin fiksi.. wkwkwk.. keren deh buat para mahasiswa hukum yang sudah terbiasa membaca buku setebal itu ..

    BalasHapus
  17. Baca tulisan Mba Nimas, bikin aku kepingin lanjut kuliah lagi ❤️❤️
    Indah banget masa-masa berkutat dengan banyak buku dan literatur 👏🏻👏🏻

    BalasHapus
  18. Keren, Mbak. Tapi kayaknya bacaannya memang tebal-tebal ya mbak bukunya. Selesai dibaca mesti dihafalin ya mbak?

    BalasHapus
  19. Masyaallah, kuliah jurusan hukum, ya, Mba Nim? Bukunya bikin berkerut semua pas baca judulnya. Hahaha. Btw, itu jleb banget yang penutupnya. Jadi seketika inget tumpukan buku yang belum tersentuh. :D

    BalasHapus
  20. Kalau hukum itu sih jadi banyak hafalan gt ga sih Mbaak? Hihi. Aku setuju kl mau kuliah lancaran yg penting rajin baca dan memahami isi buku, ternyata di semua jurusan jg disaraninnya sama yah :D plg enak sih kalau ada temen diskusinya biasanya jd lebih masuk d pikiran hihi.

    Buku2 wajib kuliah hukum di atas tuh timeless gt ya Mbak?

    BalasHapus
  21. Sepakat banget kl makin banyak membaca tentu makin bagus untuk wawasan dan pengetahuan ya, Mbak. Btw, aku anak pendidikan jadi saat kuliah belajar hukum cm seuprit banget. Hihihi
    Yg jurusan hukum mesti baca artikel ini nih

    BalasHapus
  22. Jadi anak hukum memang harus rajin baca buku ya
    Aku punya temen yang ibunya hakim yang ngurusin pernikahan
    Kalau ada kasus, kata temenku itu, waaaah bukunya seabrek-abrek deh!

    BalasHapus
  23. Kalo bicara tentang kuliah di hukum saya langsung teringat kak Mia (nurhilmiyah). Aaah beliau tak bosannya menjalani peran menjadi mahasiswa hukum dan bikin takjub sama pembagian waktu antara ngajar jadi dosen, jadi ibu, jadi istri jadi mahasiswa, jadi blogger sampe jadi penulis

    BalasHapus
  24. Bagi saya semua buku di atas merupakan buku-buku berat :D
    Bagaimana sih tipsnya bisa menikmati buku2 itu?

    BalasHapus
  25. Wah, buku-buku anak fakultas hukum ternyata lumayan berat ya
    Jadi teringat sama blogger di Medan yang merupakan dosen fakultas hukum jadinya

    BalasHapus
  26. Kog aku tertarik untuk baca buku Hukum Laut Indonesia dan Ilegal fishing ya kak. Cocok banget dengan kondisi di Natuna saat ini.

    BalasHapus
  27. wah semoga menang kompetisinya ya ka, btw bahas soal hukum saya sangat tertarik, jadi banyak ilmu baru mengenai hukum-hukum yang berlaku khususnya dan saya suka hukum laut internasional

    BalasHapus
  28. Dulu pas semester awal dapat mata kuliah Pengantar Hukum Indonesia, keknya 2 semester. Bukunya inget saya kok ngga ada sih, wkwkwk, maybe sebatas fotokopi aja. Baru kemudian semester 4 atau 5 dapat Hukum Internasional. Inget banget dosennya outdated pol. Review ini keren bikin nostalgia saya juga walau beda jurusan.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup <3 Silakan bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat